Tugas Algoritma

Nama : Nurhafizah
Nim : 201413003

1.Array3D
Berikut ini codingan untuk Array3D.java

public class Array3D{ //Nama class
static final int x=3;
static final int y=5;
static final int z=2;
public static void main(String[]args){ // class utama
int [] [] [] a=new int [x] [y] [z]; // buat variabel bar array of int
for (int i=0;i<x;i++){ // perulangan
for (int j=0;j<y;j++){ // perulangan
for (int k=0;k<z;k++){ // perulangan
a [i] [j] [k]=(int) (Math.random()*1000); //hasilnya random
}
}
}
for (int i=0;i<x;i++){ //buat perulangan
System.out.print("\nBaris "+i+" : "); //untuk menjalankan baris
for (int j=0;j<y;j++){ //buat perulangan
System.out.print("\nKolom "+j+" : "); //untuk menjalankan kolom
for (int k=0;k<z;k++){ //buat perulangan
System.out.print("\t"+a[i] [j] [k]); //untuk menjalankan
}
}
System.out.print("\n-------Akhir Baris "+i+"\n"); //untuk menjalankan akhir baris
}
}
}


2. SiapaNama
Berikut ini codingan untuk membuat SiapaNama.java
class SiapaNama //Nama class
{ //tanda masuknya program
public static void main (String[] args) // class utama
{
System.out.print("Masukkan nama anda: "); //untuk memasukkan nama
java.io.BufferedReader input =
new java.io.BufferedReader (
new java.io.InputStreamReader (System.in));
String nama = new String();
try{
nama = input.readLine();
}catch(java.io.IOException e){
}
System.out.print("\nHallo, " + nama); //untuk menjalankan hallo
System.out.print("Masukkan umur Anda: "); //untuk menjalankan masukkan umur
int umur = 0; // buat variabel nama nya umur type nya int
try{
umur = Integer.parseInt(input.readLine() );
}catch(java.io.IOException e){
}catch(NumberFormatException e){
System.out.println("\n\nError:\n\tMaaf, Anda memasukkan umur yang salah:"); //untuk menjalankan error
System.out.println("\t"+e); //untuk menjalankan
System.out.println("\n\tumur anda di set 0 Tahun!");//untuk menjalan masukkan umur
umur = 0;
}
System.out.println("Hallo "+ nama+", Umur Anda: " + umur + " tahun."); //untuk menjalankan
}
} //tanda finish program

3. Keyboard
Berikut ini codingan untuk Keyboard.java
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;

public class Keyboard{ //nama class
private BufferedReader reader; //// buat variabel namanya reader tipe nya BufferedReader
// constructor
// yang memiliki ciri-ciri terdiri dari nama fungsi tersebut sama dengan nama classnya

public Keyboard(){ // nama class dari public class Keyboard
reader = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in) ); //// mencetak inputan menggunakan StreamReader
}
public String getKeyboardInput(){ //buat fungsi namanya Input tipenya getKeyboard fungsinya string

return readKeyboard(); // memanggil kembali fungsi readKeyboard
}
public String getString(){
return readKeyboard() ;
}
public int getInteger(){
return Integer.parseInt(readKeyboard() ); // untuk mengcoversi String Menjadi Integer 
}
public double getDouble(){ // mengubah string menjadi double
// double bisa diartikan sebagai bilangan koma(0.0)

return Double.parseDouble(readKeyboard() );
}
public void tanya (String s){ // fungsi namanya tanya tipe nya void(fungsinya tidak ada) dengan menginputkan fungsi S

System.out.print(s); //Mencetak inputan
}
public void tampil (String s){ // fungsi namanya tampil tipe void 

System.out.print(s); // mencetak inputan 
}
private String readKeyboard(){ // fungsi namanya readKeyboard tipe string 

String line = "";
try{
line = reader.readLine();
} catch (IOException e){
e.printStackTrace();
}
return line;
}
}

4. KeyboardTest
berikut ini codingan untuk KeyboardTest.java
public class KeyboardTest //nama class
{
public static void main(String[] args) // main utama 
{
Keyboard k = new Keyboard(); // buat variabel baru namanya k nama class Keyboard
//kita tidak perlu import keyboard,
//karena ada di direktori yang sama

k.tanya("Siapa Nama Anda?  :");
String nama = k.getString(); // buat variabel baru nama tipe String 

k.tampil("Hallo " + nama + ", selamat datang di Java! ! !");

k.tampil("\n\n"); // buat variabel namanya tampil nama class Keyboard untuk menginputkan 
// untuk menampilkan fungsi string 
k.tanya(nama+", umur Anda berapa? :"); // buat variabel namanya tanya untuk menginputkan 
int umur = k.getInteger(); // buat variabel namanya umur tipenya int

if (umur> 18) // jika percabangan
{
k.tampil("Anda sudah boleh nonton film Upin dan Ipin!");
// buat variabel baru namanya tampil nama classKeyboar untuk
//menampilkan fungsi string 
} else // selain dari percabangan 
k.tampil("Go Go Power Rangers!"); // buat variabel baru namanya tampil class Keyboard 
//untuk menginputkan fungsi string


} //end class main
} // end nama class



Komentar